Jadi Reseller jangan Kalah sama yg Jadi Supplier!

Part 2

20% reseller penghasil 80% revenue = Reseller Champion
80% reseller penghasil 20% revenue = Reseller Biasa Aja

Nah, Reseller Champion itu melakukan praktik berjualan yang menurut ane sangat relevant dengan kondisi pasar indonesia saat ini ialah :


1. Mereka berani untuk melakukan rebranding produk ane.. Entah itu di foto ulang, atau comot-comot foto dari internet trus diedit lagi sama mereka... (meskipun banyak dari mereka yang
kaga lepas label brand ane loh)

2. Mereka menawarkan NILAI kepada customer mereka, buka hanya menawarkan komoditas belaka..

3. Mereka fokus membangun conversation dengan customer atau calon customer mereka (service with heart)..

4. Mereka fokus dengan beberapa supplier saja. Karena dengan fokus kepada beberapa supplier, kalian akan lebih akrab dengan supplier.. Jadikan supplier itu teman dan produk yang kalian jual itu adalah produk bersama..
Jangan jualan PALUGADA.., karena selain merusak differentiation kalian, suppllier juga akan menganggap kalian itu reseller iseng, jadi tidak diproritaskan.. Ane sebut nya itu Reseller PHP.. haha..

5. Rela meluangkan waktu untuk produktif secara online.. Kerja kantoran aja 8jam, masa kerja buat Online SHop sendiri cuma posting produk doank.. cuma 1jam.. Haloooooo... ???


Insight yang didapat dari 5 action diatas adalah


1. Branding adalah cara untuk membedakan produk kalian dengan produk orang lain.. Pilihlah branding yang relevant.., Markplus juga pernah mengeluarkan buku dengan judul "Branding With Character"
Intinya, jangan jadikan branding hanya tameng atau topeng saja, tapi jadikan branding itu karkter yang melekat erat dengan brand ente..

Misalnya, nama OS nya itu Speedfashion.. Poitioning nya itu dengan pelayanan yang cepat, tapi ternyata angin-anginan ngelayanin fast respons nya, ya belum jadi karakter itu namanya.. Masih masuk angin.. hahaha..


2. Mahal = BAGUS (Worth It dengan nilai yang kalian tawarkan)
Ya, itulah keadaan pasar Indonesia saat ini.. Dimana penambahan kelas menangah Indonesia mengalami peningkatan yang secara signifikan..

Kalian itu jualan online.., pake line chat nya.. Halooo, berarti customer kalian bisa dikatakan Kelas Menengah loh..

3. Dalam celotehnya di Marketing 3.0 , Kotler n Hermawan bilang, apapun bisnis kalian, bisnis tersebut adalah bisnis pelayanan.. Mau jualan beras, pelayanan kalian itu harus diperhatikan dengan baik-baik.. Ingat, persaingan semakin ketat loh.. Siap-siap akhir 2015.., ane aja galau mikirinnya..

4. CoD (Channel Of Distribution) itu adalah satu kesatuan.. Ga bisa berjalan sendiri-sendiri.. Produsen - Reseller - Consumer..
Jadi bangun hubungan yang baik, satukan visi dan misi..

Misalnya, Ente punya butik dengan pelayanan yang maksimal, tapi kualitas produk ente kurang terjaga karena ente kurang tepat memilih supplier.. Mungkin supplier nya hanya mementingkan quantity, bukan quality..
Memang pasti agan tergiur dengan margin keuntungannya, tapi customer juga semakin pintar loh.. hati-hati ya..
(ane punya banyak unek-unek sebenernya, tapi takut terlalu subjektif.. wkwkwk..)

5. Apa yang menjadi nafas agen asuransi ?
Prospek orang minimal 2 orang baru tiap hari ??

Apa yang menjadi nafas para sales lapangan ?
Canvasing ke toko

Apa yang menjadi nafas para dokter ?
Mengobati pasien yang sakit

Apa yang menjadi nafas para pebisnis online shop ?
POSTING.. heheheh...
Inget kata Om Google, Dont be Evil..
Postinglah yang positif dan bermanfaat bagi orang lain..

Selain itu, jangan malas untuk membuka pasar baru...
Maksud nya itu, misalnya ente selama ini cuma jualan di FJB kaskus.., mulailah cari pasar dari FB/IG/Twitter/market place lainnya..

Jangan malas untuk belajar hal baru.., karena pasar atau wadah yang berbeda membutuhkan treatment yang berbeda juga.., bukan asal copas tulisan lapak ente di FJB..

(maaf klo masih berantakan, tulis secara spontan aja soalnya..) (MyFashionGrosir@kaskus)