Jangan jadi Superman tapi jadilah Super Team!

Original Posted By akukerengt 
wah pc nyala terus + full AC 2jt itu udh serumah kan mastah @icaltoys?

spesifikasi PCnya gmn tuh?
gak sampe bro, gw sebulan habis listrik itu 1,2 jt an, dimana
- komputer 2 biji nyala,
- full ac 1pk diruang tengah nyala terus
- tentunya sudha sama kulkas, tv nyala lalu
- lalu malam hari tentunya ac kamar gue nyala
- pada saat clossing / packing ada 3 ac 1 pk nyala, dan lampu neon banyak
untuk mengakomodasi sekitar 10 orangan didlaam 3 ruangan berbeda yaitu ruang tamu, ruang tengah dan kamar belakang

jadi bukan hanya 2 pc itu,
nah posisinya dimana lagi bisa dapat bayar listrik 1,2 jt an, dimana gw sama
istri gw udah tinggal didalam rumah, pada saat order processing ada sekitar 10 orangan total di rumah itu, lagipula kita owner online shop kan gak pusing dengan bayar bensin, jd worthednya bgt2

Quote:Original Posted By RegzaStyLe

mmm... Bluestack kan minta spec yg lumayan tinggi gan... dan menurut ane agak kurang efisien. Kenapa nggak nyoba android TV box/dongle ? di fjb ada yg jual 650rb sampe 900 rb (tergantung spesifikasi). udah bisa buat bbm,instagram dll.
Cuma perlu sedia monitor,key ma mouse. kan fungsinya cuma buat sosmed.
jauh lebih hemat listrik.
Android TV (650rb) + LED merk philips 15.6 (700rb) gak makan daya lebih dari 25 watt kok. Soal koneksi bisa make wifi kok/modem .Biar mantep tambahin UPS yg ditambahin aki gan. kalo tiba2 mati lampu kan masih bisa support idup ber jam jam. Dan untuk pc utama (buat upload foto,edit situs,office) lebih hemat listrik lagi pake mini pc/htpc . yg keluaran lenovo/asus/acer/ztac konsumsi daya paling 40-60 watt doang. kinerja sama aja lah sama pc dekstop. atau pake laptop aja. sekali lagi buat jaga2 kalo listrik mati.

kalau bluestack spec pc gw , phenom x4 ram 16gb, vga radeon 5800 bro. krg paham juga itu termasuk tinggi apa gk spec pc nya,

lalu mengenai listrik gw pribadi punya hitungan, dimana, dengan 1,2jt sebulan artinya sekitar Rp.40.000 uang keluar setiap harinya

nah apabila kalau jaman tahun 2007, gw bayar listrik hanya 500.000, disana gw lihat kenaikan gw bayar listrik hanya 2 kali lipat, dan dengan selisih sekitar 700.000, saat ini online shop gue, mampu menangani order sebanyak 3000 order perbulannya , itu kapasitas maksimal dengan sdm yg sortir dan processing gw pakai 10 orangan,. otomatis bagaimana bisa hanya dengan 700.000 listrik naik, tapi kinerja onlineshop gw sendiri udah kayak dewa, karena kita sanggup handle penjualan barang hingga 10.000 pcs hotwheels per bulannya.

nah disana justru hitungan nya sudah menjadi effisien,

karena tidak bisa kita lupakan jjuga, gua udah hitung2an dan gw orangnya pelit banget, maunya ngeluarin uang seminim2nya, tp dapat omset sebesar2nya, artinya jangan lupa, kalau dengan settingan convencional, gw udah hitung harus inya ini kerjaan 5 orang, tapi di kompres menjadi kerjaan 2 orang,

karena terbantu oleh
1. multidisplay
2. myphone explorer
3. ms.outlook
4. logitech g13
5. logitech g 19
6. macro toolworks
7. ms.excell
dll

---------------------------------------------------------------------------------------------

di online shop gw sendiri banyak sekali excel2, dimana, ada excel resi pengiriman, adadatabase customer, ada excel, list order, ada excel data keuangan, ada excel data modal, barang masuk, ada excel proses order, rekapan , dan lainnya.

disisi lain kerjaan 5 orang ini di kompres menjadi kerjaan gue dan bini gue, karena gw berprinsip, kalo bisa dikerjain 2 orang ngapain dikerjain 6 orang dll. dan dari sana gw dapat data hitungan kalau kita kerja dengan single monitor, dan tanpa hardware2 logitech untuk macro seperti itu, wah seharian kerja bisa gak kelar2,

padahal gw ama bini gue kerja ya juga gak kelar2 juga seharian. nah tp begini :

gw pribadi punya teori begini, kita sebagai owner online shop harus membuat online shop kita berlari sangat kencang per harinya, mau itu nulis artikel kah, di website, atau menagani customer kah, atau mencari hal2 barukah untuk dijual, namun tools apakah agar kita pada saat duduk di meja kerja kita,

misalkan kita duduk 60 menit di depan komputer, itu setara dengan orang duduk 240 menit didepan komputer, artinya kita berlari 4x lebih cepat setiap kita duduk didepan komputer

dengan begitu onlineshop kita akan berlari cepat dan sangat cepat dibanding dngan kompetitor2 kita, nah disanalah akan ada profit yg lebih besar, dengan tantangan yg lebih besar pula.

speed tersebut harus terus di maintain, agar kita tetap terdepan apabila di bandingkan dnegna kompetitor.

sehingga dalam sehari kita bisa di warna grafik yang biru itu,

apa gak dewa kalau seharian itu kita bisa seperti superman, seperti posting yg gw tulis sebelumnya.

dan jangan lupa, secara tidak sadar kontribusi kita ke onlineshop kita punya semakin fokus dan terjaga ritmenya.

karena gua pribadi bisa ngepost2 di kaskus, lalu disisi lain yg di fb di update, bbm masih aja fast reply, tracking di kasih tracking mending sehari 50 resi, bisa 150-250 resi harus dikasih ke customer, via sms. lalu insta harus update,

dan gw disisi lain gw harus tau data keuangan gue, udah dimana hari ini ? minggu ini ? bulan ini ?. lalu disisi lain gw masih harus urus barang2 dari luar yg akan di import ke indo, karena kalau sudah

seperti ini :

tentunya tingkat kesulitan ngurus document, berhubungan dengan suplier, berhubungan dengan instasi yg lainnya, berbeda jaug dengan tingkat kesulitan sekedar beli barang di ebay, atau amazon dan tinggal tunggu barangnya masuk sampe kerumah.

nah hal2 seperti itu seperti gw bilang tadi, yg gw lakukan adalah pengkompresan, dan peningkatan efisiensi kerja. dari yg harusnya dilakukan 4-6 orang , di pressing jadi hanya 2 orang aja.

otomatis cost listrik naik jadi 700 rb lebih mahal, tp menghemat pengeluaran 5jt lebih sebulan, kalo orang yg bos2 udah tua , bapak2 kagak ngerti teknologi main begini, gila urusan beginian bisa lebih boros 10 juta perbulannya mungkin, dimana jaidnya lebih boros 120 juta setahunnya.

kira2 begitu mainnya.

nah karena sebenarnya icaltoys itu bayar listrik 1,2 jt, adalah dari uang diskonan pengiriman yg dapat diskon 15% itu , kalau sebulan gw bayar jne untuk kirim2 barang skitar 18jt-24jt an, dimana gw dapat diskon 15% maka gw dapat uang yg customerpun tidak akan pernah masalah, yaitu sekitar 2,7jt - 3 jt an

PEAACCEEE YA CUSTOMER KU

sebulan ada sekitar 1500 paket - 2200 paket, taruh lah di 1500 paket x in aja 15% diskon jne, = 225 paket sama aja dikirim gratis, 225 paket kali aja 10 ribu, 2,250.000 angka bawahnya.
angka atasnya 2200 x 15 persen sekitar 3 jt an...

----------------------------------------------------------------------------------------------

nah disini gw ketemu hitungan dimana kalau kita sudah main apa saja diatas 1000, mau itu kirim2 barang kek, order barang kek , ngelakuin barang kek, atau apa aja serba diatas seribu pcs. itu akan ada yg namanya cost operasiional akan tertutup dengan sendirinya oleh bonus2 hak privileges yg istimewa dari berbagai rekanan usaha,

contoh, :
gw kirim barang jne sebulan lebih dari 1000 maka gw dapat diskon 15% nya itu cukup untuk nutup yg namanya air listrik pam, satpam, bensin

gw beli baju di tanah abang 1000 pcs, misalnya, diskonnya cukup untuk nutup cost penerbangan gw dari padang ke tanah abang dan balik lagi ke padang, (misalkan posisi gw adalah pemborong pakaian tanah abang yg punya toko di padang).

nah jadi tidak ada lagi minded pelit2, tapi sebenarnya itu pelit nextlevel bro.

misal lagi, kalau ambil barang anu 1000 pcs, malah dikasih tempo hutang 30 hari, nah previleges2 ini harus dihajar terus, makanya jadi kalau pelit jangan pelit biasa, harus pelit banget, pelit banget, arahnya ke peningkatan produktivitas, dan effisiensi kerja. . semuanya bertemu pada titik temu yg optimum. karena coba lihat grafik

loe gak akan bisa lebih pelit lagi kalau gak berada di titik itu .
itu adalah titik loe udah pelit maksimal.

jadi jangan sampai kita sudah merasa itu irit, dan pelit, keluar ini itu, eh gak taunya malah kalau di kalkulasi dengan benar, masih belum pelit sangat, masih pelit dikit doank

nah itu juga yg gw selalu hitung2kan.

nah pencaharian titik2 pelit ini, sangat bisa diaplikasikan ke onlineshop kita, dari sisi iklan, darisisi tatacara kerja, dari sisi perngorderan barang, darisisi bagaimana tatacara kerja kita biar effisien,

nah coba gw rekap lagi,
kalau tatacara kerja effisien (untuk gw pribadi) :
1. instal myphone explorer -> biar jawab sms itu dari hp
2. setting dual /triple monitor
3. main makro agar balas2 customer itu autotext komputer
4. bluestack -> balas bbm cepat, update insta, twitter, balas line, dan WA
5.
6
7
8
9
10, 5 -dst (rahasia perusahaan ) --> maksud gue dicocokin sama elu pada cocoknya yg elu anggap effisien kayak gimana. . . .
misal nyolonglistrik tetangga, paket nitip tetangga bernagkat kantor, packing barang minta tolong anjing nya tetangga ,d el el kwkwkw

itu baru tatacara kerja effisien,

belum gimana dari sisi beriklan dengan cara effisien, dan efektif, dan itu pun harus ada blueprint list nya di excel, agar data di excel bisa terbaca dan tau apa yg harus kita lakukan dan akan kita lakukan nanti.

lalu order dan qty yg efisien , kalau gw jualan mainan, kunci keberhasilan jualan mainan itu ada di LOGISTIC, logistic is everything. god of turn cost to the lowest level as possible, then win the competition.

Speed of service, packaging, brand, etc juga adalah cara paling pelit terbaik dimana dengan gue bikin dus icaltoys, dengan qty tertentu gw dapat harga paling murah dari segalanya, lalu lakban pun gw beli grosir untuk kebutuhan 3 bulan, harga lakban udah kayak sampah gua dapatnya.

nah dari berbagai pengalaman dan ilmu yang di gabung2kan ini secara garis besar, onlineshop kita akan menang jika di adu dengan kompetitor lain. karena kita sudah benahi fundamental2 yg crusial didalamnya, serta managementnya.

lah gimana si ?.
windowsnya kan bajai kan. officenya bajai kan, apa2 serba bajai kan, ya cost darisana donk di lempar ke invest hardware, di fjb kaskus itu banyak orang butuh duit, = jual murah, dan juga banyak kaskuser di fjb GAK BUTUH DUIT = jual murah ngasal,

semua yg temen2 lihat itu beli dikaskus second semua rig gue, harga setengah semua dari harga baru,

mana mau sih seorang ical, keluar uang banyak kalo bisa beli setengah harga semua


hayooo


nah dari postingan gw yg ini secara keseluruhan, ketemulah yang namanya banting harga TAPI SEBENARNYA GAK BANTING HARGA
artinya kompetitor & customer beranggapan kok barang kita murah murah ya, dibanding sebelah, tapi dikita sendiri ( untung udah banyak kok ... )

disana baru lahir yg namanya best price,

kalau gw perhatikan saat ini di fjb kaskus, kita tidak pernah tahu, kok barang begitu bisa sih dijual dengan harga segitu ?.. kita gak pernah tahu cukong dibalik id kaskus tersebut atau lapak kaskus tersebut, bagaimana ...

otomatis pelanggan dapat hrga murah (icaltoys@kaskus)